Musti tau sebelum ospek?


PROKM? Apa tuh kak?

Pengenalan Ruang dan Orientasi Keluarga Mahasiswa (PROKM) ITB adalah suatu kegiatan diadakan untuk menyambut mahasiswa baru yang akan memulai tingkat pertamanya di ITB, dipersiapkan sedemikian matang oleh panitia-panitia yang berada di bawah pengawasan Keluarga Mahasiswa (KM) ITB.

Tujuan utama dari PROKM ini adalah untuk mencerdaskan mahasiswa baru. Menggeser ego yang timbul karena hanya telah berhasil masuk ITB menjadi sebuah idealisme untuk menjadi pembesar-pembesar negeri masa depan. Tidak ikut PROKM maka mahasiswa baru telah melewatkan sejuta kesempatan untuk mengasah kepribadian dari siswa menjadi MAHASISWA!

Ada beberapa hal yang diperlukan agar mahasiswa tahu lebih dahulu sebelum peserta menginjak dunia ganesha. Hal-hal ini akan diperdalam di PROKM-nya secara langsung.

BAGIAN PERTAMA: KETUHANAN

Visi hidup berdasarkan ketuhanan

Visi hidup itu harus memiliki titik akhir spiritualitas. Manusia hidup di dunia ini hanya sementara dan hidup di dunia hanya sebagai persinggahan kita untuk hidup selanjutnya di akhirat. Oleh karena itu visi hidup haruslah berisi esensi seperti apa kita inginnya setelah lewat sesi hidup (mati).

Kenapa tidak memasang visi yang berepisode masih di dunia? Misal anda punya visi memiliki lima perusahaan. Bayangkan setelah mendapat lima perusahaan, anda akan kehilangan visi anda, lebih baik mati jika anda tidak memiliki lagi arah tujuan hidup seperti itu. Benar tidak? Maka karena itu ambilah visi yang memiliki titik akhir setelah suatu sesi selesai (after session).

Spiritualitas dalam visi harus dinyatakan dengan religius sebagai prosesnya. Berbagai macam agama di kampus kita telah menjadi warna ITB. Sehingga menuntut setiap pihak untuk bisa saling bertoleransi. Sudah sepantasnya bahwa seorang muslim hanya menganggap hanyalah Islam yang benar, dan seorang nasrani menganggap hanyalah Kristen yang benar, juga agama lain. Dan masalahnya tinggal masing-masing saling menghargai kehidupan beragama dan kegiatan beribadah satu sama lain. Ingat, bukan dengan saling menganggap benar agama lain.

BAGIAN KEDUA: KEMAHASISWAAN

Identitas mahasiswa berdasarkan tujuan pendidikan
POPOPE (Posisi, Potensi dan Peran) Mahasiswa:

Posisi Mahasiswa

Dalam tatanan kehidupan masyarakat, secara garis kelompok-kelompok masyarakat dibagi ada 3 bagian, yaitu :
Masyarakat Ekonomi
Masyarakat Sipil
Masyarakat Politik

Dan mahasiswa termasuk ke dalam golongan masyarakat sipil yang terdidik (Civil Intellectual)

Peran Mahasiswa

Agent of change
Mahasiswa harus menunjukkan peran nya sebagai agent of change (agen pembawa perubahan), membawa negara Indonesia menjadi lebih baik.

Guardian of value
Mahasiswa diharapkan menjadi sosok-sosok yang dapat menjaga nilai-nilai luhur bangsa ini, nilai-nilai kejujuran, kesopanan dan nilai-nilai luhur lainnya yang telah lama berkembang dan menjadi jati diri bangsa ini.

Iron Stock
Di masa yang akan datang mahasiswa akan mengisi pos-pos strategis kehidupan bangsa dan negara ini. Stock pengganti pemegang amanah-amanah penting dalam kehidupan Indonesia nantinya.

Role Model
Mahasiswa dengan statusnya sebagai masyarakat yang terpelajar harus bisa memberi teladan untuk masyarakat lain dan memegang perannya dengan baik.

Potensi Mahasiswa

Semangat, multi disiplin ilmu, independen, keahlian dan jaringan luas, kritis, idealis, dan energik.

BAGIAN KETIGA: REALITAS BANGSA

BAGIAN EMPAT: PERGERAKKAN MAHASISWA

–bersambung–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s