Kak, Perlukah Membeli Buku?


Jika Anda kaya, ya!

Perlu buku untuk kuliah itu pasti. Dosen di kelas tidak cukup menjelaskan kebanyakan hal. Juga buku e-book tidak membantu banyak karena sebetulnya tidak enak dibaca, cukuplah jadi pegangan sekunder. Jika punya warisan dari sanak saudara, Alhamdulillah. Jika tidak? Ya, masalah kemudiannya hanyalah apakah Anda punya budget-nya atau tidak.

“Ya, Kak, saya kaya.”

Belilah yang asli. Enak dibaca, relatif lebih tipis dan ringan. Menunjukkan juga bahwa Anda adalah mahasiswa berintegritas!

Calculus – Purcel – Rp. 180.000,-
Chemistry – Braddy – Rp. 320.000,-
Fundamental of Physics – Rp. 259.900,-
Buku SAS/KPIP, ga usah beli, sayang.

Atau yang berbahasa Indonesia terbitan Erlangga juga lebih baik.

“Uang ada sih, Kak, tapi pas-pasan.”

Meski sebaiknya jangan, tapi jika kepepet Anda mungkin bisa beli yang bajakan. Ingat, hanya jika kepepet. Tetap untuk disarankan membeli buku yang asli. Menabunglah sedikit lagi mungkin. Jikapun kepepet maka ketahuilah dan sadarilah bahwa itu hal yang salah… Intinya jangan sampai jiwa korupsi tumbuh dalam diri kita mengikis idealisme kita.

Buku yang sama dengan di atas, namun kertas menjadi HVS, cover menjadi satu warna, tebal membengkak dan tentu saja jadi lebih berat.

Harga bisa terpangkas hingga 40%-nya saja.

Fotokopi sendiri harganya jatuh jauh lebih mahal daripada jika emang beli dari yang menyengajakan menjual buku bajakan. Oya, bisa juga cari di tempat fotokopi “Sinar Dunia”, disana dijual juga fotokopian “second”.

“Gak ada, Kak. Saya bisa bayar biaya masuk juga udah syukur banget!”

Tidak perlu memaksakan untuk membeli buku.

Masuklah unit apa saja, lalu pinjamlah buku pada angkatan atas. Biasanya yang suka baik gini adalah kakak-kakak Gamais/Mata’ (pengalaman pribadi).

Gratis asal dijaga.

Jika beruntung bisa dapat buku asli, tapi jika bajakan juga udah makasih banyak.

Ga dapet pinjaman dari kakak angkatan? Cobalah untuk memakai trik pinjam ke perpustakaan.

Pinjam di perpustakaan hanya bisa tiga hari, lewat dari itu akan ada denda Rp.1000/hari. Oleh karena itu, biasanya 3 hari menjelang ujian, waiting list buku menjadi padat. Mengingat stok buku TPB di perpus sangat sedikit, biasanya akan kehabisan. Maka gunakanlah trik “berkorban dikit”.

Pinjamlah seminggu sebelumnya. Tiga hari gratis, empat hari sisanya bayar Rp.4000. Ujian aman, bisa belajar dengan tenang dengan buku pinjaman. Dijamin buku asli meski kebanyakan sudah rusak. Setelah ujian, segera kembalikan sebelum tagihan Anda membengkak..!

Diktat-diktat juga penting, tapi karena biasanya tidak lebih dari Rp.20.000,- tidak terlalu jadi masalah, ya cobalah untuk menabung.

Dari itu semua, satu hal lagi yang wajib dimiliki adalah bundel soal dan pembahasan ujian-ujian tahun lalu. Satu-satunya bundel yang beredar di kampus adalah Bundel Soal Gamais (BSG). Tanpa ini akan menambah tantangan buat dapet IP bagus. Jadi recommended banget buat punya!

Sip. Selamat kuliah di ITB. Salam AMC dari tpbcenter.wordpress.com.

18 thoughts on “Kak, Perlukah Membeli Buku?

  1. waduh kakak, kok nyaranin beli yang bajakan?
    ga perlu nyaranin adik kelas yang masih lucu2 ini buat bertindak layaknya koruptor dong🙂
    kalau emang bakat mereka membajak, ya mau gimana lagi,
    penegakan hukum masih lemah, seperti yang kita keluhkan,
    tapi kita syukuri diam2.
    tapi ya ga usah disaranin juga..

    btw terlepas dari itu saya apresiasi situs ini, mantap!

  2. kak sebagian buku/bundel soal ada yang tidak bisa di download. yang kalkulus purcell juga filenya broken, nggak bisa di extract. gimana tuh?

    kalo mau beli buku yang murah dan asli dimana ya kak?
    terimakasih banyak sudah membuat blog ini, sangat membantu🙂

    • saat temanmu sedang tidak mengerjakan bundel, pinjamlah (#catet: besok balikin)
      saat temanmu sedang mengerjakan bundel, nebenglah.
      saat kamu ga punya teman, wah itu repot. makanya harus punya teman dulu, baru bisa pinter. wkwkwk

  3. Kak, isi buku yang didownload dari sini sama gak dengan yang aslinya? Atau ada beberapa yang dikurangi kak??

  4. ka,yg BSG itu kan kalkulus sama fisikanya yg A, kl sf kan dapetnya yg B,nah itu gimana mending beli aja atau gimana?bedanya jauh ga sih untuk tpb yg A sama B nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s